Senin, 29 Juli 2024

BLOG/WEBSITE untuk Kepenulisan dan Pembelajaran Bagi Seorang Guru-KBMN PGRI Gel.31-Pertemuan Ke-28

 

Resume Pertemuan Ke-28 KBMN PGRI Gel.31

Senin, 29 Juli 2024


Topik Materi : BLOG/WEBSITE untuk Kepenulisan dan Pembelajaran Bagi Seorang Guru

Narassumber : BAMBANG PURWANTO, S.Kom., Gr.,CPS., CPPS., C.Ed., MEP.

Moderator     : AHMAD SHOLEH, S.Pd., Gr. 


Kelas petemuan menulis malam ini dilakukan melalui zoom meet, moderator membuka pertemuan dengan mengucap salam, sapa dan perkenalan diri dan narasumber yang akan memaparkan materi pada pertemuan ke-28 malam ini.

Bapak Bambang Purwanto, sebagai narasumber, yang biasa disapa dengan Mr. Bams, beliau adalah guru TIK di SMP Taruna Bakti Kota Bandung, Jawa Barat.

Di awal pemaparan Mr. Bams menampilkan presentasi blog yang disertai dengan sound track/audio musik, yang membangkitkan para peserta berdecak kagum dan ikut untuk bergerak ikuti irama musik yang dihadirkan.

Selanjutnya narasumber memberikan pengantar materi malam ini yaitu Blog/Website yang dapat mendukung guru dalam pembelajaran. Beliau memberikan tips-tips pemanfaatan blog/wibsite


Apa fungsi dari penggunaan blog?
Fungsi dari blog, pada umumnya, adalah untuk mewadahi ide atau konten dari penulis atau pengelola blog. Blog yang bersifat daring dapat membantu pendistribusian konten yang lebih efektif, cepat, dan mudah. Dibanding harus membagikan tulisan yang dicetak secara fisik, blog tampak menjadi opsi yang jauh lebih baik.
Apa manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat blog?
Blog sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin mendapatkan informasi tanpa harus bersusah payah mencari buku, hanya bermodal internet siapapun dapat mencari informasi apapun di dalam blog.
Apa kegunaan utama dari platform blog?
Melalui blog, Anda dapat menarik minat orang-orang yang memiliki minat yang sama dan membangun komunitas seputar minat Anda. Selain itu, berbagi postingan blog di platform media sosial semakin mendorong diskusi dan keterlibatan dalam komunitas Anda.
Penggunaan Blog dalam Pembelajaran

Blog adalah sebuah website yang ditulis sesuai dengan kronologi waktu, lalu ditampilkan secara terbalik dari kronologi penulisan (maksudnya tulisan yang lebih baru akan muncul di atas tulisan yang lebih lama). Isi blog tidak harus berupa tulisan, tapi juga bisa gambar dan/atau video.

Manfaat Blog Guru/Dosen Bagi Peserta Didik Dalam Pendidikan

Kegunaan Blog untuk dunia pendidikan adalah blog sebagai media penyampai informasi dari guru kepada murid atau dosen kepada mahasiswannya,karena blog sifatnya online maka penyampaian informasi diharapkan merata. *(selagi pengakses online). Serta bagi siswa atau mahasiswa dapat mengirimkan tugas2 kepada guru kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya blog dari guru atau dosen  kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.

Blog juga mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/dossen dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula.

Pemaparan telah selesai dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab:
P1.
Nama :  Antoro
Asal   : Jakarta Timur
T : Bagaimana cara merancang blog agar terlihat menarik tampilannya agar tidak monoton dan                  membosankan?
J : Sebagai pemula sebagai bloger, dengan intesitas menulis saja sudah cukup bagus, wajar saja bila         belum bisa merancang dan mengubah tampilan blog, terus saja menulis dan memanfaatkan blog,         nanti lama-lama akan dapat menemukan ramcangan tampilan blog yang diinginkan.

P2. 
Nama : Ari
Asal   : Kebumen
T : Sebagai guru SD kelas 1 bagaimana cara memanfaatan blog dalam pembelajaran?
J : Blog itu dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siapa saja, jadi mau mengajar di kelas 1 atau di         kelas tinggi jenjang apa pun di mana pun dan guru apa pun, bisa saja tampilkan game melalui             blog.

P3. 
Nama : Asep
Asal   : Musi Banyuasin
T : Sebagai penulis pemula pada blog untuk guru yang bertugas di pelosok desa yang masih                      keterbatasan IT bagi siswa-siswi di pelosok tersebut, bagaimana cara mengoptimalkannya?
J : Sebagai bloger pemula yang harus dilakukan dalah terus saja menulis dan memanfaatkan blog             untuk menulis apa saja.

Waktu telah menunjukkan puku 21.00, maka sesi tanya jawab telah mengakhiri pertemuan kelas malam hari ini, dan narasumber menutup pemaparan dengan pesan motivasi :
"Buatlah blog itu seperti rumah sendiri yang memberikan warna lain dalam hidup kita dan orang lain , khususnya murid kita. Mencoba untuk melakukan atau boleh melakukan untuk mencoba".

Sukses semuanya
Salam sehat selalu
Salam Bahagia

Mr. Bams

Demikian pertemuan kelas menulis ke-28 KBMN PGRI NGel.31 malam hari ini, moderator menutup pertemuan kelas menulis dengan mengucap terima kasih dan salam, sampai jumpa pada pertemuan berikutnya.

Jakarta, 29 Juli 2024

ANTORO, S.Pd._Peserta KBMN PGRI Gel.31





5 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...