Rabu, 29 Mei 2024

KOMITMEN MENULIS DI BLOG-KBMN PGRI Gel. 31 Pertemuan Ke-12

 


Resume Pertemuan Ke-12 KBMN Gel. 31

Rabu, 29 Mei 2024

Materi : KOMITMEN MENULIS DI BLOG

Narasumber : Drs. DEDI DWITAGAMA, M.Si.

Moderator   : SIM CHUNG WEI, S.P.


Kelas Pertemuan Ke-12 malam ini adalah melalui Zoom meet, rasa semangat antusiasku semakin membara ingin segera hadir untuk menyimak pemaparan materi oleh narasumber.

Tepat pukul 19.05 Koko Sim selaku moderator membuka dan mengawali kelas zoom malam hari ini dengan salam, sapa dan mengajak untuk  berdoa bersama-sama.

Moderator memperkenalkan diri, bahwa Beliau adalah alumni KBMN PGRI Gel.26 yang saat ini tergabung dalam TSO.

Selanjutnya Narasumber hadir dengan ucapan salam untuk semua peserta, Narasumber mengajak peserta untuk mengenal lebih dekat siapa profil Narasumber malam hari ini dengan mengajak para peserta untuk mencari tahu dari berbagai sumber.

Narasumber mengawali pemaparan materi dengan menyampaikan pertanyaan pemantik kepada para peserta yaitu, "Siapa guru atau dosen yang kita kenang seumur hidup?" 

Beragam jawaban dari masing-masing peserta menyebutkan nama guru idolanya, lalu dicari di google nama-nama guru atau dosen yang mereka sebutkan tidak ada bukti dalam google. Berdasarkan hal inilah bahwa seorang yang luar biasa prestasinya, namun tidak pernah ditulis dalam media, maka ia tidak akan dikenal, karena tidak ada bukti tertulis yang berbicara. Untuk itu kita harus meninggalkan jejak selama hidup, seperti pepatah, "Gajah mati meninggalkan gading"

Narasumber memberikan motivasi kepada peserta KBMN Gel.31 ini dengan menyimpulkan pentingnya menulis dalam media blog. Banyak sekali keuntungan dari kita menulis, kita akan dikenal orang, bertambah wawasan dan pertemanan. 



Langkah-langkah Menulis Di Blog :

1. Tentukan Tujuan

2. Buat Outline

3. Mulai Menulis

4. Ikut Komunitas

5. Baca Tulisan Orang Lain

6. Menulis Lagi tentang apa saja


Jejak perjalanan Pak Dedi Dwitagama :




Sesi Tanya Jawab :

P1

Nama : Antoro

Asala Jakarta Timur

T : Bagaimana caranya agar nama kita ada dalam pencarian google?

J : Buat akun blog atau akun lain dengan nama asli kita, jika ada yang sudah pakai boleh ditambahkan identitas lain, dan terus menulis lalu share dan rajin mengomentari tulisan orang lain.

P2

Nama : Nancy

Asal : Jakarta

P : Bagaimana cara menyikapi komentar atau like orang yang berkunjung ke blog kita?

J : Balas langsung dan bila perlu jalin komunikasi timbal balik lebih mendekat.

P3

Nama : Atin

T : Apakah kalau kita buat akun dengan data nama asli kita bisa aman ketika dishare, apakah tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab?

J : Tidak ada kebocoran atau dihack, dan dijamin aman akun kita.


Sesi tanya jawab diakhiri dengan kesimpulan dan motivasi dari Narasumber "Mulailah dengan menulis, menulis, menulis apa saja"

Narasumber memberikan hadiah berupa kaos bagi peserta yang aktif dengan pertanyaan yang menarik. Dan yang berhak mendapatkan yaitu Bu Nancy Jakarta Timur

Demikian akhir pertemuan kelas KBMN malam hari ini. Sangat berkesan rasanya bagi saya dan juga bagi peserta yang lain, semoga bermanfaat.



Jakarta, 29 Mei 2024

ANTORO, S.Pd._Peserta KBMN Gel.31



10 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...