Selasa, 23 Juli 2024

Kado Istimewa untuk Siswa-siswi SDN Susukan 06 Pagi di Hari Anak Nasional (HAN) 2024


      Hari ini, 23 Juli 2024 kita memperingati Hari Anak Nasional (HAN), adalah momen spesial bagi anak-anak Indonesia di seluruh Nusantara. Mereka tumbuh dan berkembang sesuai dengan haak-hak dan pelindungan dari kita sebagai orang tua, guru, dan negara. Anak adalah generasi masa depan bangsa, generasi emas, untuk itu mereka harus terpenuhi hak-hak dan perlindungannya, sesuai dengan tema HAN 2024 "Anak Terlindungi, Indonesia Maju"

Hak-hak anak yang harus terpenuhi antara lain: 
Hak untuk beriman dan bertakwa, mendapatkan pendidikan, hak bermain, hak rekreasi,  jaminan kesehatan, hak makanan, dan hak perlindungan. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yang diubah dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Hak Anak untuk bermain, berekreasi, bereksplorasi, dan berpartisipasi.

      Dunia anak adalah dunia ceria penuh warna, mereka memiliki imajinasi, ide dan kreativitas yang luar biasa. Anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan kita semua. Anak yang sehat akan tumbuh kuat dan penuh semangat. Anak yang memiliki semangat akan banyak ide-ide dan daya imajinasi untuk mengeksplore kreativitasnya.

Ciri-ciri anak yang sehat dan cerdas:
@Bergerak aktif dan lincah
@Lebih fokus dan mudah mengingat sesuatu
@Fisiknya berkembang
@Banyak ingin tahu
@Banyak bertanya
@Mudah konsentrasi
@Cepat belajar

       Kami sebagai orang tua dan guru di institusi pendidikan tentunya berusaha memenuhi hak-hak anak-anak kami yang sedang belajar mengali ilmu untuk masa depan mereka. Kami berusaha memenuhi hak-hak mereka dalam belajar, bermain, berkreasi, dan berpartisipasi.  Bertepatan pada peringatan Hari Anak Nasional 2024 ini, kami dari pihak sekolah memberikan kado istimewa untuk siswa-siswi kami dari kelas 1 hingga kelas 6 berupa bingkisan Firefighter Education atau Edukasi/Pendidikan Pemadam Kebakaran. 

         Kami sengaja merencanakan program ini sebelumnya, melalui kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (DinDamkar) Provinsi DKI Jakarta, Sudin Damkar Jakarta Timur, Satuan Pelaksana Damkar Kecamatan Ciracas. Tim Damkar dipimpin oleh Komandan SUNARIMO, S.E., M.A. dengan personil Satgas Damkar Komandan ROBERTUS, Komandan GOZALI, Komandan IQBAL MONON, dan Komandan PANCA SAKTI, serta 2 orang juru dokumentasi Damkar.

         Edukasi yang mereka berikan berupa pengenalan alat-alat Damkar, cara penanggulangan dan evakuasi korban, serta demo memadamkan kebakaran pada kompor gas. Edukasi diberikan untuk Guru, Orang Tua Murid, dan seluruh siswa SDN Susukan 06 Pagi. Mengawali demo, Komandan IQBAL mengajak kita untuk berkenalan dengan api, kita tidak boleh panik saat melihat api ketika menyambar gas yang bocor, yaitu dengan cara telunjuk jari menutup mulut selang api, maka api akan padam dengan sendirinya, dan keadaan pun aman terkendali. 

      Pada kesempatan ini, orang tua murid dan guru diberikan kesempatan untuk mencoba cara memadamkan kebakaran pada kompor. Setelah dilakukan beberapa demo, maka tibalah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa, yaitu demo pemadaman api dengan penyemprotan air. Demo puncak inilah momen yang paling seru bagi anak-anak untuk berekspresi bermain dengan semprotan air Damkar. Mereka saling bersorak, berjingkrak-jingkrak tertawa girang sambil berteriak air...air...air!

         Kami melihat betapa bahagianya anak-anak kami, anak-anak yang lincah, riang dan lepas tanpa beban. Di wajah merekalah masa depan bangsa terlukis penuh harapan dan impian, menuju Indonesia maju, Indonesia Emas.

       Demikianlah edukasi Damkar sebagai kado di hari ulang tahun anak-anak Indonesia, Hari Anak Nasional 2024 untuk siswa-siswi SDN Susukan 06 Pagi tahun ini. Semoga anak-anak kita sehat dan berkesan penuh harapan menyambut masa depan Indonesia yang cerah.


Dokumentasi: 








Jakarta, 23 Juli 2024
Redaksi_Antoro, S.Pd._bloger-pegiat-literasi



3 komentar:

  1. Kegiatan yang penuh Edukasi buat anak2 ... kerennn... Bangga jd bagian dr keluarga besar Sdn susukan 06 👍

    BalasHapus

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...