Rabu, 01 Mei 2024

Gali Potensi Ukir Prestasi_Pertemuan 4 KBMN Gel.31

 

Resume Pertemuan Ke-4 KBMN Gel.31

Rabu, 1 Mei 2024


Topik Materi : Gali Potensi Ukir Prestasi

Nara Sumber : Aam Nurhasanah, S.Pd.

Moderator : Edmu Yulfizar Syakura, Gr., M.Pd.


Kelas dibuka oleh Moderator tepat pada pukul 19.00 dengan sapa dan salam untuk kita semua, dan dikanjutkan dengan membaca doa.

Moderator menyampaikan susunan acara pertemuan malam ini, yaitu : 

1. Pembukaan

2. Pemaparan Materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup


Sebelum pemaparan materi dari Narasumber, moderatoer memperkenalkan diri, yaitu Edmu Yulfizar Syakura, Gr., M.Pd. bahwa beliau adalah salah satu alumni KBMN Gel.12

Moderator juga memperkenalkan Narasumber malam ini yaitu Ibu Aam Nurhasanah, Gr., S.Pd.

Saatnya Narasumber menyampaikan paparan materi yang diawali dengan sapa, salam, dan perkenalan.

Pada kesempatan ini Ibu Aam memohon doa yang tulus dari semua peserta untuk mendoakan suami Ibu Aaam yang sedang dirawat di RS. Alfatihah.....Aamiin.

Mengawali materi Narasumber mengajak kepada para peserta untuk menuliskan motivasi mengikuti kelas ini melalui classpoint.app.

Semua peserta rata-rata menuliskan jawaban motivasinya yaitu dengan sasaran belajar dan meningkatkan kemampuan menulis.

Materi awal adalah Gali Potensi. Bagaimana Cara Menggali Potensi Yang Ada Pada Diri Kita? Jawabannya sangat mudah yaitu dengan mulai dari hal yang disukai, yang dialami, atau hal-hal yang baru dipelajari.

Narasumber juga membagi pengalaman potensi yang Ibu Aam miliki dari awal belajar menulis hingga sekarang ini. Beliau yang tadinya tidak bisa menulis, lalu mengikuti KBMN, ikut menulis buku antologi dan akhirnya bisa menulis dan menerbitkan buku solo yang pertama berjudul Mengukir Mimpi Jadi Penulis Hebat, dan buku solo berikutnya yaitu Kunci Sukses Menjadi Moderator Online. Sejak itu Narasumber terus aktif dalam menulis dan terus menulis.

Ibu Aam selaku Narasumber kelas malam ini, merasa mimpinya menjadi kenyataan berkat belajar menulis di KBMN yang dibimbing oleh para senior KBMN dan TSO, Mereka adalah orang-orang hebat. Sampai saat ini Bu Aam masih terus mengasah diri dengan mengikuti ajang dan momen menulis yang menurutnya kesempatan yang sangat berharga, untuk itu jangan dilewatkan, sehingga samapi saat ini buku solo yang diterbitkan sudah banyak. Dan kesempatan saat ini Beliau menjadi seorang kurator dan editor. Menurutnya sebagai kurator dan editor adalah sebuah tantangan, namun dari tantangan inilah membuahkan hasil beberapa judul buku, baik antologi maupun solo.

Dari perjalanan dan pengalaman mendalam, saat ini Ibu Aam mendapat undangan menjadi juri blog dan Narasumber. Alhamdulillah berkah menulis jadi banyak silaturahmi.

Demikian akhir dari pemaparan materi dari Narasumber. 


Kelas dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

P 1

Nama : Achienk

Asala : Jakarta

T : Bagaimana caranya agar tulisan kita menarik dan banyak pembacanya?

J : Harus menggunakan kalimat motivasi yang menggugah

P 2

Nama  : Kartini

Asala : SD Tunas Iblam

T : Bagaimana cara kita menemukan orang-orang yang hebat memberi suport yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan?

J : Ingat pepatah, Jika kita berteman dengan minyak wangi, maka kita akan ikut tercium wangi. Begitu juga jika kita ingin pandai menulis maka banyaklah berteman dengan penulis. Nah di KBMN inilah banyak orang-orang yang sukses menulis, seperti Omjay, Bunda Kanjeng, merekalah sang motivator sekaligus inspirator dalam menulis.

P 3

Nama : Antoro

Asal : Jakarta Timur

T : Apakah dalam penerbitan buku solo kita harus berbayar pada penerbit, ataukah ada penerbit yang gratis?

J : Ada penerbit yang berbayar, ada juga yang gratis seperti penerbit Indie, jika ingin penerbit mayor maka harus ikut seleksi dan waktu tunggu yang lama dalam penerbitan.

Mengakhiri sesi tanya jawab Ibu Aam selaku Narasumber menyampaikan pesan terakhir untuk seluruh peserta pertemuan ke-4 yaitu : Di kopdar adalah kesempatan untuk bertemu dengan para penulis hebat, salah satunya seperti Cang Ato, beliau di kursi roda tapi karyanya luar biasa sudah ribuan buku hasil tulisannya. Narasumber juga menyampaikan kesimpulan pemaparan materi malam ini, yaitu :

'Dari sebuah kegagalan, saya belajar menjadi lebih sabar. Jadikan sebuah kegagalan sebagai motivasi terbesar untuk bangkit dan bisa berprestasi. Gali potensi maka akan pula lahir prestasimu. Rajin menulis hingga berbuah manis. Biarlah tulisanmu akan menemui takdir.


Tepat pukul 21.00 akhirnya kelas KBMN Gel.31 Pertemuan ke-4 ditutup oleh moderator, dan diakhiri dengan salam.


Jakarta, 1 Mei 2024

Antoro, S.Pd._Peserta KBMN Gel.31

6 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...