Rabu, 01 Mei 2024

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2024

 


Aktivitasku Hari Ini
Kamis, 02 Mei 2024

Tadi malam Kepala Sekolahku, Bapak Mujiyono, M.Pd. menyampaikan pesan kepada selurug guru-guru dan ASN di satuan pendidikan SDN Susukan 06 Pagi melalui pesan Grup WhatsApp, bahwa sesuai Surat Edaran Dinas Pendidikan, setiap satuan pendidikan wajib menyelenggarakan dan mengikuti Upacara Memperingati Hardiknas 2024 pada tanggal 2 Mei 2024.

Kami sebagai wali kelas langsung menindaklanjuti edaran tersebut ke grup kelas, saat itu juga saya share info kegiatan Upacara Peringatan Hardiknas 2024.
Upacara akan dilaksanakan besok, Kamis, 02 Mei 2024, pukul 06.30-selesai.
Seragam yang dikenakan saat mengikuti Upacara Hardiknas 2024 adalah Pakaian Adat Tradisional atau Busana Daerah Ciri khas daerahnya. 9laki-laki mengenakan baju sadariah/koko, sedangkan perempuan memakai baju kebaya encim)
Kebetulan pelaksanaan upacara Hardiknas kali ini bertepatan dengan berlangsungnya siswa kelas 6 sedang menempuh Ujian Sekolah atau Penilaian Sumatif Sekolah, sehingga yang mengikuti upacara adalah siswa kelas 3, 4, dan 5.

Kamis, 02 Mei 2024 tepat pukul 06.30 bel sekolah berbunyi tanda semua peserta upacara berkumpul dan berbaris sesuai formasi barisan kelas masing-masing.
Para petugas Upacara sudah siap, kali ini yang bertugas adalah dari siswa kelas 5, semua barisan pun telah disiapkan oleh masing-masing pemimpin barisa. 
Guru-guru dan tenaga pendidikan menempati barisan paling depan sebelah kanan, dan kali ini peserta dari guru-guru adalah gabungan dari guru SDN Susukan 06 dan SDN Susukan 07.

Upacara pagi ini berjalan dengan tertib dan lancar tanpa gangguan atau hambatan. Semua petugas upacara menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh semangat, seluruh peserta pun tetap berdiri tegak, tertib dalam barisan.
Pembina upacara menyampaikan pesan dan membacakan pidato Pak Mendikbudristek, yang intinya yaitu mengajak kepada kita semua untuk bergerak bersama mewujudkan  Gerakan Merdeka Belajar Sebagai Perubahan  Masa Depan Emas. Mari kita kenang jasa para Pahlawan Pendidikan. Berkat jasa beliau maka pendidikan di Indonesai saat ini mengalami kemajuan.
Setelah amanat pembina upacara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne Guru dan lagu Pendidikan Nasional yang lain.

Upacara diakhiri cdengan membaca doa bersama, yang dipimpin oleh petugas. Semua peserta upacara berdoa dengan khusyuk dan hikmat.
Upacara pun selesai, Pemimpin upacara membubarkan barisan, dan semua peserta upacara langsung pulang menuju rumah masing-masing, karena di lingkungan sekolah harus tenang dan kondusif  sebab sedang ada ujian.

Demikian Upacara Peringatan Hardiknas 2024 yang saya ikuti di satuan pendidikan tempat saya bertugas.
Alhamdulillah saya bisa mengikuti Upacara Hardiknas 2024 ini dengan suasana sederhana, tenang dan hikmat.



Jakarta Timur, 02 Mei 2024
Antoro-Guru blogger pemula


1 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...