Rabu, 29 Mei 2024

GELAR KARYA PUNCAK P5-KEARIFAN LOKAL BUDAYA BETAWI-SDN Susukan 06 Pagi

 


Puncak Kegiatan P5 di SDN Susukan 06 Pagi Semester Genap Tahun Pelajaran 2023-2024 Tema "Kearifan Lokal Budaya Betawi" diisi dengan acara Gelar Karya P5 meliputi :
1. Unjuk Kreasi/Pentas Seni
2. Bazar
3. Pameran

Gelar Karya P5 adalah bentuk aksi nyata dari proses pembelajaran selama satu semester genap ini. Pembelajaran melalui projek yang selama ini dilakukan banyak menghasilkan produk karya siswa, berupa hasil prakarya kerajinan tangan, seperti celengan dari batok kelapa, mozaik monas, ondel-ondel, dan wayang Betawi (wayang kulit dan golek). Hasil projek tidak hanya berupa produk benda, namun juga nonbenda, yaitu pemahaman terhadap kesenian dan budaya yang direalisasikan dalam praktik pentas seni.

Acara Gelar Karya dibuka oleh Bapak Mujiyono, M.Pd. selaku Kepala Sekolah di hadapan para tamu undangan, guru dan seluruh siswa kelas 1-6.
Acara diawali dengan Palang Pintu khas Betawi yang dikemas dengan momen acara puncak P5. Kali ini yang membawakan budaya Palang Pintu adalah siswa dari kelas 4.A. Dalam Palang Pintu mereka terbagi dalam rombongan tuan rumah dan rombongan tamu. Rombongan tamu datang dengan diiringi musik rebana, sholawatan dan bebrapa parsel bawaan tangan, seperti roti buaya, parsel buah dan kue-kue khas Betawi. Di depan rombongan tamu tampak Jawara Pendekar Silat Betawi yang bertugas untuk membuka penghalang penutup jalan lewat rombongan. Inti dari Budaya Palang Pintu adalah gabungan seni pantun dan seni bela diri. Pantun disampaikan secara dialog berbalas pantun, sedangkan seni bela diri diperankan oleh Jawara Silat Betawi.
Rombongan tamu akan diterima jika bisa mengalahkan Jawara penghalang rombongan, maka terjadi perkelahian adu silat antar Jawara Betawi, yang akhirnya dimenangkan oleh Jawara rombongan tamu, dan rombonga diterima dengan baik untuk bergabung dengan tuan rumah acara. Akhir palang pintu dilanjutkan dengan opening tari P5 yang dibawakan oleh seluruh siswa yang mengimplementasi kurikulum merdeka, kelas 1 dan 4.
Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama sebagai tanda dimulainya acara Puncak P5 secara resmi, yang dilanjutkan dengan doa bersama.

Unjuk Kreasi/Pentas seni meliputi penampilan seni budaya Betawi :
1. Siswa kelas 1.A membawakan tari Sirih Kuning dan Presentasi Kuliner khas Betawi (Lopis dan Ketupat Babanci)
2. Kelas 1.B mempersembahkan lagu Kicir-kicir dan presentasi Budaya Betawi (Batik, Ondel-ondel, dan pakaian khas Betawi)
3. Siswa kelas 4.A menampilkan tarian Ondel-ondel dan budaya Palang pintu
4. Kelas 4.B Mempersembahkan tari Lenggang Nyai dan Budaya Arak-arakan Penganten Sunat.

Stan bazar ikut meramaikan acara Puncak P5 yang mempromosikan kuliner lokal Betawi, seperti nasi ulam, sayur godok, lopis, ketupat babanci, es selandang mayang, cendol Betawi dan bir pletok. Kegiatan bazar ini dikelola oleh orang tua siswa bersama komite sekolah yang melibatkan siswa pengadopsi Kurmer (Kurikulum Merdeka)

Hasil karya siswa selama satu semester genap juga ikut melengkapi acara puncak P5 dengan tajuk Gelar Karya yang dipamerkan dihadapan para tamu undangan dan pengunjung, berupa :
1. Stan pameran kelas 1.A  memamerkan karya topeng Ondel-ondel
2. Kelas 1.B stan pameran mozaik monas
3. Stan kelas 4.A memamerkan hasil karya siswa berupa wayang kulit, golek, dan celengan batok kelapa
4. Kelas 4.B memamerkan karya replika alat musik Betawi (Musik Tanjidor)

Gelar Karya Puncak P5 SDN Susukan 06 Pagi semester genap berlangsung dengan sukses dan lancar. Semua siswa, orang tua dan guru-guru merasakan kesan mendalam dari hasil pembelajaran projek yang telah mereka lalui selama ini. 

Ucapan terima kasih kepada :
-Ka Satlak Disdik Kecamatan Ciracas, Ibu Rinawati, M.Pd.
-Pengawas SD Disdik Kecamatan Ciracas, Bapak Drs. H. Sunadi, M.Pd.
-Bapak Kepala SDN Susukan 06 Pagi, Bapak Mujiyono, M.Pd.
-Dewan Guru SDN Susukan 06 Pagi
-Ketua Komite Sekolah, Ibu Asri Amelia
-Orang tua siswa dan Seluruh Siswa-siswa SDN Susukan 06 Pagi
-Para Tamu Undangan
-Seluruh Pihak Yang Terlibat
                                       
                                       Semangat Kurikulum Merdeka, Semangat P5 dan Selamat untuk semua. Sukses SDN Susukan 06 Pagi.

Foto-foto Kegiatan :









Jakarta, 30 Mei 2024
Antoro, S.Pd_Guru Blogger Media Pembelajaran


2 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...