Minggu, 02 Juni 2024

Sambal Teri Medan Dan Kacang Tanah, Simpel Membuatnya, Nikmat Menggugah Selera.

Hari Minggu sore Om Jay mengpost menu hasil masakan Om Jay sendiri, karena Bunda sedang tidak ada di rumah, Istri Om Jay sedang menemani Putri pertamanya di RS dalam proses persalinan. Om Jay berbelanja dan memasaknya sendiri menu Teri Medan Kacang Tanah. Begitu dishare Om Jay Bercerita bahwa menu tersebut dibuat oleh sendiri, dan hasilnya Wow, begitu menggundang selera saya untuk menyantapnya bersama nasi hangat, pasti bisa nambah terus, gumamku dalam hati sambil menelan air liur dalam mulut karena membayangkan sambal teri medan dan kacang tanah.


Di awal postingan Om Jay menambahkan judul dan tantangan untuk peserta KBMN, siapa yang berani mennuliskan menu teri medan dan kacang tanah, dengan maksud mkangajak para peserta untuk membiasakan menulis di blogspot setiap hari, hala-hal apa saja yang dirasakan, yang dilihat boleh dituangan dalam tulisan di blog. 
Saya jadi tertarik untu mencoba menulisnya di blogspot, karena menu tersebut salah satu dari menu favorit saya jika waktu darurat untuk tidak sempat belanja bahan-bahan masakan dan karena keterbatasan waktu sibuk dengan pekerjaan.

Saya menyebutnya Menu Sambal Teri dan Kacang Tanah. Saya menyukai menu ini karena cara membuatnya mudah sesimpel menulis chat di WhatsApp, selesai share dan nikmati, begitu alasan saya ingin ikut tantangan Om Jay, sekali sebagai ajang mengasah kebiasaan saya untuk menulis di blogspot. 

Inilah Judul Tulisanku berdasarkan gambar Postingan Om Jay :
Sambal Teri Medan Kacang Tanah, Simpel Cara Membuatnya, Nikmat Menggugah Selera.
Menu ini baiasanya saya buat pada hari sabtu atau minggu saat saya ada waktu diam di rumah. Dan saya biasanya membuat sekaligus banyak untuk persediaan waktu darurat. Menu ini akan awet bertahan lama bisa berkisar 1-2 bln jika dimasaknya hingga kering. Bahan-bahan unutuk membuat menu ini pun mudah didapat, di warung sayuran atau tukang sayur keliling jika kita malas untuk pergi ke warung sayuran. Kita cukup panggil pedagang sayuran keliling yang lewat depan rumah, menghemat waktu bukan?
Bahan-bahan Untuk membuat Sambal Teri Medan dan Kacang Tanah :
1. Teri Medan sesuai kebutuhan
2. Kacang Tanah sesuai kebutuhan
3. Cabe merah, cabe rawit jika ingin rasa pedas.
4. Tomat sayur yang hijau
5. Daun salam dan daun jeruk
6. Bawang merah dan bawang puitih sesuai kebutuhan
7. Sedikit gula merah

Cara Membuatnya :
1. Kupas bawang merah dan bawang putih
2. Cuci bersih semua bahan cabai, tomat dan bawang merah dan  bawang puitih serta daun salam dan daun jeruk, lalu dihaluskan, bisa juga diiris sesuai selera. Saya lebih memilih dihaluskan atau diulek, hal ini saya lebih suka bumbu yang medok dan meresap jika bumbu-bumbunya didihaluskan. Ini pun bisa sesuai selesa masing-masing tingkat menghaluskannya, ada yang suka kasar ada juga yang menyukai diulek halus.
3. Goreng kacang tanah yang sudah dibersihkan hingga berwarna coklat kekuningan, lalu tirikan
4. Cuci ikan teri medan dengan disiram dengan air panas atau hangat, untuk menghilangkan kotoran sekaligus untuk menjadikan teri empuk, kemudian digoreng hingga matang mengering.
5. Terakhir tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga matang mengeluarkan aroma nikmat sambal, lalu masukan kacang dan teri medan sekaligus, tambahkan sedikit gula merah untuk meningkatkan rasaa gurih, lalu aduk hingga rata dan meresap bumbunya hingga mengering.
6. Kemas dalam toples atau hidankan dalam piring mangkok jika akan langsung disajikan. Sambal Teri Medan Kacang Tanah siap disantap dengan nasi hangat, terbayang rasanya makan akan terus nambah nasi.

Itulah menu favorit saya yaitu Sambal Teri Medan Kacang Tanah, Mrnu tersebut mudah dibuat dan mudah didapat bahan-bahannya. Di daerah lain mungkin namanya berbeda-beda, ada yang menyebutnya Balado Teri medan Kacang Tanah, ada juga yang menyebut Sambal Teri medan Kacang Tanah.

Om Jay telah membei saya inspirasi dan motivasi untuk selalu menulis setiap hari, apa saja yang kita lihat, yang kita rasakan, yang kita alami, tuangkan dalam tulisan sebagai bukti kita pernah hidup.
Bagi saya Om Jay juga seorang serba bisa, multi talent, bisa mengajar, menulis buku, presntasi, blogger, kurator, dan mentor training. Ingin rasanya saya seperti Om Jay, yang bermanfaat buat orang banyak.




Jakarta, 3 Juni 2024
ANTORO, S.Pd._Guru Blogger KBMN PGRI Gel. 31




2 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...