Jumat, 17 Mei 2024

Perkemahan Pramuka Pasukan Khusus Pattimura-R.A Kartini (PASUSTIRA) CAMP Persari dan Perjusa Gudep 09.135-09.136 SDN Susukan 06 Pagi

 


Gugus Depan Pramuka SDN Susukan 06 Pagi melaksanakan program kegitan tahunan dengan nama kegiatan  PASUSTIRA CAMP, yaitu Perkemahan Pramuka Pasukan Khusus Pattimura - R.A Kartini Gugus Depan 09.135-136 SDN Susukan 06 Pagi, Ciracas Jakarta Timur yang dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 17-18 Mei 2024 di Lapangan Sekolah. 
Kegiatan Perkemahan ini mengangkat Tema "Keren, Asyik, Gembira, Menyenangkan". 
Peserta kegiataan terdiri dari Pramukla Siaga (Siswa Kelas Rendah, 1-3) dan Pramuka Penggalang (Siswa Kelas Atas, 4-6) SDN Susukan 06 Pagi.
PASUSTIRA CAMP terdiri 2 jenis perkemahan yaitu Perkemahan Satu Hari (Persari) dan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa).

PERSARI (Perkemahan Satu Hari) adalah kegiatan perkemahan dikhususkan bagi pramuka Golongan Siaga. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 06.30 hingga pukul 11.00
Kegiatan Persari meliputi :
1. Pendidikan Mental Spiritual
2. Keterampilan dan Ketangkasan
3. Seni Budaya 

Kegiatan diawali dengan registrasi dan pembagian tenda barung, dilanjutkan dengan upacara pembukaan Persari. Upacara pembukaan Persari dihadiri dan dibuka oleh Pengawas SD Satuan Pelaksana Pendidikan Dasar Kecamatan Ciracas selaku Ka Mabiran Ciracas, Kakak Drs. H. Sunadi, M.Pd. ditandai dengan pemukulan drum sebagai simbol dibukanya acara kegiatan secara resmi.
Dalam sambutannya beliau berpesan untuk anak didik pramuka (Andika) Siaga "Terus semangat, belajar mandiri dan kerja sama, ikuti arahan Yanda dan Bunda, hal ini sesuai dengan isi Dwi Darma., yaitu Siaga selalu menurut Ayah Ibundanya, Siaga berani dan tidak putus asa".
Bapak pengawas SD juga mengapresiasi terhadap kegiatan Persari yang dilaksanakan oleh Gugus depan 09.135-136 SDN Susukan 06 Pagi. "Lanjutkan dan tingkatkan kerjasama dengan komite sekolah sebagai wujud dukungan dan kolaborasi demi anak-anak didik kita", tuturnya.
 
Kegiatan Persari diikuti 83 peserta Siaga putra dan 82 Siaga putri, total peserta 165 orang. Selama kegiatan perkemahan, anak-anak Siaga diperkenalkan untuk menempati tenda barung/regu. Di dalam tenda anak-anak Siaga diajarkan kemandirian mengatur diri sendiri dan bertanggung jawab dengan barang bawaannya, juga bekerja sama dengan anggota barungnya.
Materi kegiatan Persari dikemas dalam bentuk Games dan KIM (Kemampuan Indera Manusia), seperti game estafet gelas air dan KIM rasa untuk menanamkan rasa kepekaan, seperti rasa pahit, asin, manis, dan asam. Dalam kegiatan ini tampak antusias dan keceriaan para peserta, terdengar teriakan "Wah, asyik, seru dan enak", begitu kesan mereka

Di akhir kegiatan Persari ditutup dengan Upacara Pelantikan Siaga Mula, yaitu pengukuhan bagi Siaga yang telah menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) tingkatan Mula. Proses penyelesaian SKU dilakukan setiap kali saat latihan Pramuka mingguan hingga tercapai syarat-syarat yang ditentukan. SKU adalah diibaratkan dengan Raport Pramuka yang tertuang beberapa kompetensi yang harus dicapai oleh setiap anggota anak didik pramuka. Dalam pelantikan ini Siaga mengucap janji Dwi Satya dan disematkan tanda kecakapan umum (TKU) sesuai tingkatannya.
Kegiatan Persari telah berakhir tepat pukul 11.00 dan semua peserta kembali ke rumah masing-masing bersama orang tua yang menjemputnya. Sayonara....samapai berjumpa lagi pada kegiatan Persari mendatang.

Foto Kegiatan Persari :



PERJUSA (Perkemahan Jumat Sabtu) adalah kegiatan perkemahan dikhususkan bagi pramuka Golongan Penggalang. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, Jumat-Sabtu, 17-18 Mei 2024. 
Pukul 14.00 peserta melakukan registrasi dan pembagian tenda regu. Peserta Perjusa berjumlah 127 orang Penggalang, dengan rincian Penggalang putra 66 orang dan putri 61 orang yang terbagi dalam 18 tenda.
Kegiatan Perjusa meliputi :
1. Pendidikan Mental Spiritual
2. Keterampilan, Ketangkasan dan Kebugaran
3. Teknik Kepramukaan
4. Seni Budaya

Kegiatan Perjusa dibuka oleh Bapak Mujiyono, M.Pd., selaku Kak Mabigus 09.135-136 tepat pukul 16.00. Dalam amanatnya Ka Mabigus menyampaikan pesan, "Terus kreatif dan jalin kerja sama antar anggota Pramuka, pendidikan Pramuka adalah dasar pembentukan pribadi yang peduli dan tangguh sebagai cerminan pelajar Pancasila".
Setelah upacara pembukaan Perjusa dilanjutkan dengan penampilan unjuk bakat regu. Masing-masing regu menampilkan unjuk kreatifitas yel-yel regu dan seni budaya. Mereka tampil dengan maksimal dan penuh kegembiraan, begitu yang terlihat pada senyum para penggalang.
Jadwal selanjutnya peserta mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah yang dipimpin oleh Kak Hamzah selaku guru PAI di SDN Susukan 06 Pagi.

Api Unggun adalah salah satu acara perkemahan yang sangat dinanti oleh semua peserta perkemahan pada umumnya. Tepat pukul 20.00 upacara penyalaan api unggun dimulai dan selaku Pembina Upacara yaitu Kak Antoro, sebagai ketua kegiatan PASUSTIRA CAMP kali ini. Dalam kesempatan ini turut hadir Ka Kwarran Ciracas, Kak Syafaat bersama anggota dewan kwarran, meninjau dan memantau jalannya acara kegiatan Perjusa. 
Dalam amanatnya Kak Antoro menyampaikan, "Api unggun adalah simbol kobaran semangat seorang pramuka, api terus menyala dan membawa kehangatan, yang bermakna seorang Pramuka memiliki rasa kehangatan, persahabatan yang dengan erat kepada siapa pun". Api unggun adalah bentuk acara inti dari perkemahan pada umumnya. Pada momen inilah para peserta perkemahan saling menjaga kebersamaan dalam suasana kehangatan api unggun. Mereka saling berbagi rasa dan bercanda menikmati kesan mendalam dari kegiatan perkemahan.
Acara puncak api unggun diisi dengan penampilan unjuk bakat, kreatifitas seni budaya dari regu terbaik pilihan panitia. Ada 2 regu terbaik putra dan regu terbaik putri, mereka menampilkan yel-yel dan lagu daerah. Waktu menunjukkan pukul 22.00 tanda berakhirnya acara api unggun, semua peserta menuju ke tenda masing-masing untuk beristirahat simpan tenaga untuk esok pagi.

Kegiatan pagi diawali bangun pagi pukul 04.00 saatnya semua peserta mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan olahraga bersama, selamat pagi Indonesia dan senam pramuka. Setelah berolahraga seluruh peserta menikmati sarapan pagi.
Pukul 08.00 kami mengadakan apel pagi pramuka sekaligus mengumumkan kegiatan berikutnya yaitu KIM dan Game regu, berupa  indra perasa/kepekaan dan menyampaikan pesan berantai, menampung tepung, serta mengoper bola secara estafet. Dalam kegiatan ini semua penggalang sangat berkesan dan bergembira riang. Mereka banyak yang ingin mencoba dan mengulangi lagi game yang sudah dilakukan sebelumnya. Keceriaan tampak pada wajah seluruh peserta. Acara game berakhir kemudian dilanjutkan merapikan diri untuk mempersiapkan upacara pelantikan dan penutupan kegiatan Perjusa.

Pelantikan/pengukuhan Penggalang Ramu adalah pengucapan ulang janji Tri Satya oleh Penggalang Ramu yang telah menyelesaikan SKU selama latihan dan memenuhi syarat dan ketentuan. Pengalang yang telah menyelesaikan SKU sebanyak 80 orang penggalang tingkat Ramu dan 9 orang pramuka tingkat Rakit. Dalam pelantikan ini Kepala SDN Susukan 06 Pagi, selaku Ka Mabigus yang berkesempatan untuk menjadi pembina upacara dan sekaligus mengukuhkan pelantikan. Dalam amanatnya, "Menjadi pramuka penggalang ramu dan rakit adalah bentuk tanggung jawab yang lebih berat terhadap diri sendiri, keluarga =, masyarakat dan bangsa negara", jelasnya.
Setelah selesai pengukuhan, ada tradisi kebiasaan unik di Gugus Depan SDN Susukan 06 Pagi, yaitu seluruh peserta yang dilantik meminum air kelapa dan disiram dengan air bunga 7 rupa. Tradisi ini memberi simbol air kelapa adalah air yang suci, yang mampu menagkal racun dan membersihkan virus atau kotoran yang ada di dalam tubuh kita. Sedangakan air bunga 7 rupa bermakna seorang pramuka akan membawa nama harum untuk keluarga, masyarakat dan bangsa negara. Dalam penyiraman air bunga inilah saat-saat yang paling berkesan bagi penggalang dan mereka meminta untuk diguyur penuh dseluruh badan, bahkan mereka melanjutkan untuk main air sebanyak-banyaknya. Terasa segar dan fresh tubuh para penggalang, mereka lupa akan kelelahan tenaga yang sudah mereka lalui dalam kegiatan yang padat. Di sinilah kesan mendalam yang mereka dapatkan dari kegiatan Perjusa setiap tahunnya.

Upacara pelantikan telah selesai dan berakhir pula kegiatan Perjusa yang secara resmi ditutup oleh Ka Mabigus dengan ucapan Hamdallah....sayonaraaa.....sampai berjumpa pada kegiatan berikutnya.

Demikian laporan aktivitas Kegiatan Perjusa PASUSTIRA CAMP Gugus Depan 09.135-136 SDN Susukan 06 Pagi Tahun 2024.



Jakarta, 18 Mei 2024
Antoro_Guru Blogger Media Pembelajaran



Foto Kegiatan Perjusa :
















1 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...