Selasa, 21 Mei 2024

MARKET DAY SDN Susukan 06 Pagi "Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Pada Pesrta Didik"

 


Laporan Aktivitasku Hari ini :

Nama Kegiatan : Market Day

Tempat : SDN Susukan 06 Pagi


Kegiatan Market Day dilaksanakan oleh siswa kelas 4 sebagai projek mata pelajaran IPAS, topik materi Mengenal Kegiatan Jual Beli. Kegiatan ini telah direncanakan sebelumnya dengan mengidentifikasi hal-hal perlengkapan dan pelaksanaan pasar, meliputi : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Refleksi.

PERENCANAAN :

Dalam perencanaan kelas dibagi kelompok kecil sebanyak 4 orang. Setiap kelompok merencanakan kegiatan pasar dengan memilih jenis produk, menentukan anggaran, cara membuat dan mengemas produk. Penekanan pada perencanaan pasar diharapkan siswa mampu mengidentifikasi kegiatan produksi. Oleh sebab itu dalam kelompok ada pembagian tugas setiap anggota, ada yang bertugas sebagai kasir, pramu niaga, dan logistik. Dalam memilih produk, rata-rata kelompok memelih produk makanan dan minuman.

Menyiapkan peralatan dan perlengkapan pasar juga bagian penting dalam perencanaan, agar pelaksanaan nanti tidak ada kendala. Dalam persiapan alat ini setiap kerlompok mengawali dengan membuat poster, brosur, dan pernak-pernik pelengkap meja stan. Mereka menghias dan memajang meja stan dengan hiasan berwarna-warna sesuai kreatifitas yang mereka ciptakan. Masing-masing kelompok juga diberikan kesempatan untuk melakukan promosi ke kelas-kelas. Mereka berlomba untuk mengajak dan menarik pembeli sebanyak-banyaknya.

Berikut beberapa brosur bentuk promosi yang mereka buat :



PELAKSANAAN :

Kegiatan Market Day berlangsung sangat meriah. Masing-masing kelompok sudah siap di stan penjualan. Sebelum kegiatan pasar dimulai mereka menggunakan kesempatan untuk mengambil gambar dokumentasi. Mereka dengan senyum manis, siap menunggu para pembeli yang datang berkunjung ke stannya. 

Tepat pukul 08.00 kegiatan pasar dimulai, kunjungan diawali oleh kepala sekolah dan dewan guru. Beberapa guru tampak memborong makanan yang mereka sukai. Ada sosis Solo, es cincau, es selendang mayang, es pisang ijo, dan produk makanan dan minuman yang lain. Suasana sangat ramai layaknya pasar yang sesunguhnya. Mereka terlihat sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing yang menggambarkan suasana kegiatan jaul beli.

Dalam waktu hanya 2 jam dagangan mereka sudah habis terjual. Mereka merasa senang dan puas karena jualannya laris manis. Suasana masih terlihat ramai oleh pengunjung yang baru datang, namun sayang mereka kehabisan produk yang mereka inginkan. Di akhir kegiatan kelompok merapikan stan masing-masing, dan menghitung hasil penjualan. Senyum dan tawa bahagia tampak pada wajah-wajah siswa pelaku pasar hari ini. "Hore...!, jualanku habis", teriaknya.

Foto Kegiatan Market Day :








EVALUASI DAN REFLEKSI :

Di akhir kegiatan peserta didik menceritakan pengalaman sebagai pelaku pasar. Mereka mengidentifikasi hambatan dan kesulitan yang ditemui. Mereka juga menghitung kalkulasi rugi laba dari hasil penjulan. Kesan terakhir dari kegiatan Market Day ini mereka memiliki jiwa wirausaha secara nyata.
Semoga jiwa wirausaha yang mereka miliki dapat dijadikan bekal di masa depan.
Sampai jumpa pada Market Day mendatang.


Jakarta, 22 Mei 2024
Antoro_Guru Blogger

1 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...