Senin, 06 Mei 2024

Pustaka AI:Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar


Resume Pertemuan Ke-5 KBMN Gel.31

Senin, 6 Mei 2024

Materi Pokok Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru MenulisBuku Ajar

Nara Sumber : Dr. MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd.

Moderator : NUR DWI YANTI, M.Pd.


Saat-saat yang sangat saya tunggu adalah malam pertemuan KBMN PGRI Gel.31.

Malam ini adalah pertemuan ke-5.

Moderator mengucapkan salam dan sapa mengawali dan membuka pertemuan ini.

Agar acara kelas ini berjalan dengan lancar, Bu NDY selaku moderator mengajak para peserta untuk berdoa bersama. 

Moderator menyampaikan kata-kata motivasi " Apabila kamu telah selesai dengan suatu urusan, maka segera kerjakanlah urusan yang lain." Salah satu tanda kita masih mencintai kehidupan adalah dengan urusan bergerak. Bergerak maju menjemput impian, dan bukan jalan di tempat, apalagi mundur ke belakang untuk mengingat kenangan. Sebab masa lalu hanyalah kenangan bukan diratapi dan dipertanyakan.

Disamapikan juga susunan acara pertemuan kelas malam ini, yaitu :

1. Pembukaan

2. Pemaparan Materi

3. Tanya Jawab

4. Penutup

Sebelum nara sumber memaparkan materi, moderator memperkenalkan profil nara sumber pada malam ini, yaitu Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, S.Pd., M.Pd., CPM.


Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu kita semua yaitu sesi pemaparan materi KBMN yang akan dipaparkan oleh Ibu Mudafiatun.

Pada kesempatan ini nara sumber panjatkan puji syukur atas nikmat yang Allah berikan untuk kita semua sehingg dapat bertemu di kelas KBMN malam ini.

Masyya Allah, Allahu Akbar, dimana kita selalu berada dalam lingkungan yang saling terikat dalam kebaikan. Maka secara psikologis kita juga akan merasakan dampak yang baiknya, maka ayo kita semua semangat belajar.

Kunci jadi penulis adalah membaca, jadi dari sekarang  belajarlah menyimpan hasil karya kita dalam bentuk tulisan, termasuk CV kita masing-masing.

Mengawali pemaparan materi, nara sumber melemparkan pertanyaan pemantik. "Siapa di antara peerta KBMN malam ini yang berasala dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK?"

Jawaban para peserta rata-rata menjawab dari SD, Alhamdulillah, semangat guru SD luar biasa.

Hal-hal yang harus kita siapkan untuk merancang membuat buku :

1. Pengetahuan tentang Kecerdasan buatan (AI), yaitu sebauh mesin buatan yang bisa membantu kita dalam segala hal.

a. Pembelajaran Mesin

b. Pemrosesan Bahasa Alami (Natural)

c. Pengenalan Pola

d. Pengolahan Citra (Citra image processing)

e. Sistem Pakar (Expert Systems)

Tujuan kita sekarang adalah membuat buku, jadi karakteristik mesin ini disesuaikan dengan silabus mata pelajaran yang diampu.

Pembelajaran Mesin adalah cabang utama dari kecerdasan buatan yang fokus pada pengembangan algoritma dan teknik yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan pengalaman, tanpa perlu pemrograman eksplisit. Dengan pemanfaatan AI pembuatan buku akan semakin mudah

Pemrosesan Bahasa Alami adalah cabang AI yang berkaitan dengan interaksi antara komputer dengan bahasa manusia. Ini berkaiatan dengan generasi teks manusia, serta analisis dan ekstraksi informasi dari teks. Bahasanya langsung keluar SPOK, keren sekali.

Pengenalan Pola (Pattem Recognition), yaitu cabang AI yang berfokus pada pengembangan algoritma untuk mengidentifikasi pola dalam data, mencakup pengenalan wajah, identifikasi objek dalam gambar, klasifikasi teks berdasarkan isinya.

Pengolahan Citra (Image Processing) adalah cabang AI yang berkaitan dengan analisis dan manipulasi gambar atau video dan deteksi pola dalam data visual. Wow, AI punya perasaan dan keinginan.

Sistem Pakar (Expert Systems) yaitu sistem AI yang dirancang untuk meniru pengetahuan dan keahlian manusia dalam domain tertentu menggunakan aturan logika dan basis pengetahuan untuk mem berikan rekomendasi atau solusi atas masalah yang kompleks. 

2. Pemahaman tentang Pendidikan 

Beberapa hal yang harus dikuasai oleh penulis dalam menyusun buku ajar :

1. Teori Pendidikan : Penulis harus mimiliki pemahaman yang kuat tentang teori-teori pendidikan untuk membantu penulis dalam penulisan buku ajar.

2. Prinsip Pembelajaran : Prinsip-prinsip dasar pembelajaran, termasuk pembelajaran aktif, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah. Pemahaman ini akan membantu penulis dalam menyusun buku ajar.

3. Kurikulum dan Standar : Mengetahuai kurikulum dan standar pendidikan yang berlaku di wilayah atau negara tertentu sangat penting agar buku ajar sesaui dengan kebutuhan kurikulum dan memenuhi standar akademik yang ditetapkan.

4. Karakteristik Siswa : Pemahaman tentang karakteristik siswa, tentang umur, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman, akan sangat membantu penulis dalam menyusun buku ajar yang sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa.

5. Metode Pembelajaran : Mengetahui berbagai metode pembelajaran yang efektif dan efisien, penulis dapat memilih pendekatan yang relevan.

6. Evaluasi Pembelajaran : Penulis perlu memahami prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran untuk merancang aktivitas atau latihan yang relevan dan bermanfaat dalam mengukur pemahamn siswa terhadap materi yang disajikan.

7. Teknologi Dalam Pembelajaran : Memahami bagaiman teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran adalah aspek penting dalam menulis buku ajar. Di era digital saat ini penulis perklu mempertimbangkan integrasi teknologi dalam penyusunan materi buku ajar agar tetap relevan dan menarik bagi pembelajar.

3. Riset tentang Penggunaan AI Dalam Pendidikan 

Untuk menyusun buku penulis perlu menata mindset, AI memedrlukan survei apakah memang dibutuhkan atau AI dapat menjawab tantangan guru SD bisa membuat buku secara konsisten? Riset sangat membantu penulis dalam mengidentifikasi aplikasi AI yang paling relevan dan bermanfaat dalam konteks pendidikan.

4. Pemilihan Topik Dan Tujuan Buku

Langkah awal yang krusial dalam proses penulisan buku ajar meliputi :

a. Mengidentifikasi Topik

b. Penulis harus mempertimbangkan  kebutuhan dan minat siswa

c. Menetapkan Tujuan

d. Menentukan topik dan tren.

e. Mengklasifikasi lingkup buku ajar

5. Struktur dan Konten : 

Buat kerangka isi atau outline untuk buku yang mencakup bab, sub bab, dan konten yang akan dibahas.

Kerangaka akan menjadi panduan dasar dalam menyusun konten buku dan memastikan bahwa topik-topik yang relevan tercakup secxara menyeluruh.

Bab dan sub bab harus dipilih dengan cermat untuk mencakup berbagai aspek dari topik yang dibahas.

6. Penggunaan Teknologi AI 

Dalam penulisan mengacu pada pemanfaatan dan berbagai alat dan teknik kecerdasan buatan untuk memfasilitasi proses penulisan.

7. Penggunaan Media Pendukung dalam buku ajar adalah strategi penting untuk meningkatkan pemahaman pembaca terhadap konsep-konsep komoleks, termasuk konsep AI, dan mengilustrasikan aplikasinya dalam konten pendidikan.

8. Pengujian dan Evaluasi adalah langkah penting dalam proses penulisan buku ajar untuk memastikan kualitas dan efektivitasnya sebelum dipublikasikan.

9. Penyuntingan dan Revisi adalah tahap penting dalam pembuatan buku ajar untuk memastikan  bahwa materi yang disajikan. memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.

10. Penerbitan dan Distribusi merupakan tahap akhir dalam menghasilkan buku

Demikain pemaparan yang disampaikan oleh nara sumber tentang menyusun buku ajar dengan bantuan AI.


Selanjutnya sesi tanya jawab :

P1 Nama Hidmi

Asal Lombok

T Jika ingin menulis buku paket mulai dari mana ya?

J Bisa mengawali dengan minta petunjuk AI dan referensi lain dari google nanti akan diarahkan sesuai dengan topik yang kita minta.

P2

Nama Markus

Asal Jakarta

T Sejauh mana kesahihan data AI untuk dipakai dalam buku ajar?

J Sangat sahih, karena AI bekerja  sesuai degan data yang menyeluruh, AI bekerja sesuai sistem berdasarkan algoritma.


Sesi tanya jawab diakhiri dengan kesimpulan dan motivasi dari nara sumber. Melalui AI kita dapat mengarungi dunia baru dengan menulis buku ajar, mari kita merangkaum perjalanan yang telah dilalui, melalui perjalanan ini mari mkita menjelajahi dunia yang dinamis dan menarik bersama kecerdasan AI.

Kami yakin buku yang kita buat ini akan menjadi sumber ilmu pengetahuan juga menjadi inspirasi bagi para pendidk, peneliti, dan praktisi pendidikan. Dengan kecerdasan AI semoga kita sebagai pendidikan dapat membentuk masa depan pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan inovatif.

Demikian akhir dari pertemuan kBMN malam ini, saya merasakan kesan yang wah, menarik untuk saya aplikasikan. Semoga saya dapat mewujudkan kemampuan literasi saya ke depan.


Pertmuan Kelas malam ini ditutup oleh moderator, terima kasih kita berjumpa lagi pada pertemuan berikutnya.



Jakarta, 6 Mei 2024_Antoro peserta KBMN Gel.31


3 komentar:

  1. Tak ada yang tak mungkin, ketika kita mampu merangkai kata menjadi kalimat. Maka akan terciptalah suatu karya. Tetap semangat.

    BalasHapus

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...