Rabu, 08 Mei 2024

Motivasi Menulis Dan Blog Sebagai Media Pembelajaran

 


Resume Pertemuan Ke-6 KBMN Gel.31

Rabu, 8 Mei 2024

Topik Materi : Motivasi Menulis & Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber : DAIL MA'RUF , M.Pd.

Moderator    : SIM CHUNG WEI, S.P.


Pukul 19.00 adalah waktu yang saya tunggu-tunggu untuk menyimak materi KBMN malam ini, perasaan senang bercampur semangat untuk menyimak pemaparan yang keren dari narasumber yang kompeten.

Tiba saatnya Koko Sim, begitu sapaan akrab moderator malam ini yaitu Sim Chung Wei, S.P. membuka pertemuan dengan sapa, salam dan doa bersama untuk semua peserta, selanjutnya moderator juga memperkenalkan diri, bahwa Koko Sim adalah sebagai seorang pendidik di SD Saint Peter School Jakarta Utara. Beliau juga alumni KBMN Gel.26 asuhan OmJay.

Bapak Sim Chung Wei, juga aktif sebagai penulis beberapa buku antologi dan solo, salah satunya judul buku solonya yaitu "Menulis Itu Menyenangkan"

Untuk mempersingkat waktu moderator menyampaikan susunan acara pertemuan kelas malam ini :

1. Pembukaan

2. Pemaparan Materi

3. TanyaJawab

4. Penutup


Sebelum pemaparan materi, moderator menyampaikan CV profil Narasumber pertemuan malam ini, yaitu Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd.

Bapak Dail mengawali dengan salam dan kesan malam hari ini bisa dipertemukan dengan para peserta KBMN Gel.31 ini, Beliau juga berbagi pengalaman bahwa beliau dulu juga seperti kita sebagai peserta KBMN Gel.20, dan waktu itu syarat sebelum mengikuti KBMN ini sehari sebelum kelas pertemuan setiap peserta harus sudah memiliki blog. Karena tekad yang kuat, hingga akhirnya dapat sukses saat ini. Itulah motivasi yang disampaikan oleh narasumber untuk kita semua peserta KBMN Gel.31.

Materi awal Pak Dail menyampaikan Motivasi Dalam Menulis

Ada 5 motivasi dalam menulis :

1. Dengan menulis, penulis akan mendapatkan mahkota layaknya seorang raja yang terkenal.

2. Dengan menulis, penulis namanya akan abadi walaupun jasadnya telah tiada.

3. Menulis adalah cara untuk berbagi ilmu kepada pembaca, semoga ilmunya bermanfaat sebagai investasi yang tak terbatas.

4. Dengan menulis, maka level penulis sudah menjadi ilmuwan dan dapat bergaul dengan semua kalangan.

5. Dengan menulis akan tambah bahagia, bisa dapat rezeki tambahan dan berkah.

Materi berikutnya Blog Sebagai Media Pembelajaran :

Guru di era digital harus mampu mengelola blog sebagai media pembelajaran, di sini akan dapat membantu guru untuk mengelola pembelajaran, murid pun akan senang karena pembelajarannya tidak membosankan.

Pentingnya blog di era digital :

1. Guru sebagai pengelola laman blog dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam blog untuk mengupload materi pelajaran maupun melakukan evaluasi belajar yang keduanya dilakukan secara online.

2. Blog sebagai media pembelajaran secara umum dapat diterapkan pada setiap murid di semua jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK.

3. Peserta didik di zaman sekarang sudah terbiasa mencari dan mengakses informasi yang dibutuhkan dari berbagai situs maupun web yang tersedia di penelusuran google.

4. Sebagian besar anak-anak dan remaja mengakses internet dengan menggunakan world wide web.

5. Mereka mengakses web untuk mengakses sumber informasi melalui penelusuran web dan lebih menyukai browsing melalui website, berkomunikasi menggunakan e-mail, pesan singkat (instan messaging), diskusi, mengakses musik, video dan game komputer (computer games).

Blog pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger (1998), ia menggunakan istilah weblog.

Manfaat blog dalam pendidikan :

1. Blog sebagai rumah belajar bagi guru

Ada pepatah bijak dan galak "Berhentilah Anda mengajar jika sudah tidak mau BELAJAR" Jadi blog inilah tempat kita belajar dan mengajar.

2. Blog dapat membantu dan meringankan beban guru dalam mengajar

Cukup dengan mengupload bahan ajar di blog lalu kirimkan ke grup kelas yang kita ajar, berikan petunjuk dan penugasan pun dapat diberikan di blog. Murid bisa langsung menjawab di laman blog, jadi efektif dan cepat.

3. Meningkatkan minat belajar siswa

Karena murid zaman now paling malas kalo kita ngajarnya dengan ceramah dan diskusi mulu jadi bosan. Maka siswa akan senang membawa hp dan pakai wifi sekolah. Atur tatib penggunaannya sehingga dapat terkontrol. Sekali kali adakan lomba menulis blog, poster atau artikel, poster, animasi, dll. Mereka pasti akan bahagia, inilah kehendak Kurikulum Merdeka.

4. Blog dapat diakses orang lain dari berbagai belahan dunia

Ini nyata, pengalaman narasumber ikut menulis blog bersama Kompasiana ada teman dari berbagai benua dan belahan negara, yang bule ada 3 sampai 5 orang, yang banyak orang Indonesai yang tinggal di negara Malaysia, Belanda, Amerika, Singapura, Jepang, Korea dan Australi. Mereka saling sapa dan komentar serta suport untuk artikel kita.

5. Blog dapat dijadikan sebagai media silaturahmi sesama bogger.

Kita yang ada di grup ini KBMN 31, sadar atau tidak sadar adalah para blogger yang terhimpun dalam WAG dan kita saling  bersilaturahmi, ada yang lanjut hingga menjadi CC di Melintas.id. rasanya sudah kenal lama meskipun belum pernah berjumpa.

Dan masih banyak lagi manfaat blog bisa kita gali jadi pengalaman baik dalam pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Demikian paparan materi yang disampaikan oleh nara sumber.


Sesi sealanjutnaya adalah sesi tanya jawab :

P1 : Nama Sungkowo

Asal : Sukabumi

T : Apa yang melatarbelakangi Pak Dail menulis? Bagaimana cara mengatasi keputus asaan menulis, jika bukunya tidak laku?

J : Karena ingin punya karya, buku adalah untuk buktin bahwa saya pernah hidup dan ada bukti karyanya. Cara mengatasi putus menulis ya buat buku dalam bentuk e-book misalnya, atau menulis bareng lalu setiap penulis wajib beli buku, mau tidak mau buku kita laku.

P2 : Nama Suthalib

Asal : Kelas lama KBMN

T : Saya punya sejumlah tulisan dalam buku antologi dan solo, apakah bisa kita jadikan satu bendel menjadi buku solo?

J : Bisa, silakan saja dibukukan, bisa minta siapa saja mentor di KBMN ini sebagai editor.

P3 : Nama Harsen

Asal : Brebes

T : Apa saran pemateri jika penggunaan blog sebagai media pembelajaran untuk siswa di desa pinggiran yang belum banyak memiliki gawai dan internet?

J : Nah ini adalah kendala teknis, insya Allah dalam Kurikulum Merdeka pelajaran IT Komputer sudah masuk kembali, semoga ada lab komputer dan jaringan wifi di sekolah, temui kades ajukan anggaran untuk kolaborasi anak-anak yang masih sekolah, bisa gunakan pendopo atau ruang balai warga.


Demikian sesi tanya jawab yang disampaikan oleh 9 orang peserta yang bertanya, dan narasumber memberikan jawaban yang lugas dan mudah dipahami.

Saya merasa puas dengan pemaparan materi malam hari ini yang disampaikan oleh Pak Dail Ma'ruf, M.Pd. Sangat menginspirasi dan memotivasi diri saya dalam kegiatan menulis blog, semoga saya bisa mengikuti jejak beliau, aamiin.


Pukul 21.06 moderator menutup dan mengakhiri kelas pertemuan malam ini, dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian para peserta, sampai jumpa......



Jakarta, 8 Mei 2024_Antoro, S.Pd._Peserta KBMN Gel.31


 

4 komentar:

TEKNIK PROMOSI BUKU, KBMN PGRI Gel. 31-Pertemuan Ke-30

  Resume Pertemuan Ke-30 KBMN PGRI Gel. 31 Rabu, 7 Agustus 2024 Topik Materi : TEKNIK PROMOSI BUKU Narasumber   : Akbar Zainuddin, M.M., MNE...